handphone-tablet

Friday, October 25, 2013

Pameran Kopi Gayo dan Didong Semalam Suntuk di Gedung MPR by TribunNews.com



Laporan Wartawan Serambi Indonesia, Fikar W Eda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Untuk pertama kali, pameran kopi Gayo dan pertunjukan kesenian Gayo, didong jalu (didong tanding) digelar di Gedung MPR RI. Pertunjukan 'langka' itu sedianya akan dihelat pada Jumat (25/10/2013) mendatang.

Pertunjukan didong Gayo akan berlangsung satu malam suntuk, digelar dalam rangka sosialisasi empat pilar kebangsaan, Pancasila, UUD 45, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika. Wakil Ketua MPR RI Ahmad Farhan Hamid mengatakan,  kopi Gayo dan didong Gayo pantas mendapat kehormatan tampil di MPR RI.
"Kopi Gayo sudah terkenal di dunia internasional, tapi belum begitu populer di dalam negeri," katanya.

Sementara didong adalah kesenian  sangat akrab dengan masyarakat Gayo yang berlangsung sampai pagi.

"Di Indonesia ini tidak banyak lagi kesenian yang bertahan sampai pagi. Kecuali didong dan wayang di Jawa," kata Farhan Hamid yang juga anggota DPD asal Aceh. Pertunjukan "Didong Senayan" tersebut akan mensosialisasikan empat pilar kebangsaan, mempertandingkan dua grup didong, Kemara Bujang dan Teruna Jaya yang didatangkan khusus dari Aceh Tengah.

Sekretaris panitia pelaksana Didong dan Pameran Kopi Gayo, Yusradi Usman al-Gayoni, mengatakan, ini sejarah penting bagi Aceh, yang mendapat tempat khusus di Gedung MPR RI untuk menggelar pameran kopi Gayo dan didong semalam suntuk.

"Selama ini di Gedung MPR hanya digelar wayang sampai pagi," kata Yusradi.
Pameran kopi Gayo akan diisi produk-produk kopi Gayo dan bubuk kopi Gayo, melibatkan sejumlah produsen bubuk kopi dan biji kopi Gayo dari Bener Meriah dan Aceh Tengah.  Dekranasda Aceh Tengah dan Bener Meriah juga akan menampilkan aneka produk industri kerajinan kerawang Gayo.

Yusradi menambahkan, dalam kesempatan yang sama juga digelar dialog kopi dengan nara sumber Bupati Bener Meriah Ruslan Abdul Gani, Kepala Bappeda Aceh Prof. Dr. Ir. Abubakar Karim, MS dan Yustinus Sunyoto  dari Gayo Cupper Team. Dialog kopi dipandu wartawan Tempo, Mustafa Ismail, SE., M.Sn.
"Dialog tersebut memperbincangkan siatuasi perkopian di tanah Gayo dan usaha mengembangkannya secara nasional," lanjut Yusradi.

Sumber news by : http://www.tribunnews.com/nasional/2013/10/10/pameran-kopi-gayo-dan-didong-semalam-suntuk-di-gedung-mpr

Foto by FOTOKU.us More video on YouTube.com/insanfm

No comments: